1. Plan (Perencanaan)
Mencari masalah utama dengan meninjau berbagai isu dan kesenjangan yang ada pada kinerja saat ini.
Mencari penyebab-penyebab dengan mengumpulkan data mengenai masalah-masalah kunci.
Menentukan penyebab utama dengan mengidentifikasikan & menyelesaikan akar penyebab masalah.
Susun rencana penanggulangan dengan memikirkan solusi-solusi yang mungkin.
Menetapkan sasaran implementasi dengan merencanakan sebuah implementasi uji coba terhadap solusi yang paling potensial.
2. DO (Pelaksanaan)
Uji coba solusi yang telah direncanakan
3. Check (Pemeriksaan)
Mengukur hasil-hasil uji coba untuk mengetahui apakah hasil yang
dimaksudkan sudah dicapai, jika muncul masalah, perhatikan penghalang-penghalang yang mengganggu usaha-usaha perbaikan.
4. Act (Tindakan)
Membuat standar berdasarkan solusi uji coba dan evaluasi, perbaiki dan perluas / tingkatkan solusi untuk membuatnya permanen, dan menggabungkan pendekatan baru bila mana mungkin untuk diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar