Minggu, 24 Agustus 2008

Pemain Utama Supply Chain Management

a. Chain 1: Suppliers
Merupakan sumber yang menyediakan bahan pertama, dimana mata rantai penyaluran barang akan mulai. Bahan pertama bisa dalam bentuk bahan baku, bahan mentah, bahan penolong, bahan dagangan, sub assemblies, suku cadang, dan sebagainya.
b. Chain 1-2: Suppliers – Manufacturer
Rantai pertama dihubungkan dengan rantai kedua yaitu manufacturer atau assemblers atau plants atau fabricator atau bentuk lain yang melakukan pekerjaan membuat, memfabrikasi, mengasembling, merakit, mengkonversikan ataupun menyelesaikan barang (finishing). Hubungan dengan mata rantai pertama ini sudah mempunyai potensi untuk melakukan penghematan. Misalnya inventory bahan baku, bahan setengah jadi, dan bahan jadi yang berada di pihak suppliers, manufacturer, dan tempat transit merupakan target untuk penghematan ini.
c. Chain 1-2-3: Suppliers – Manufacturer – Distribution
Barang sudah jadi yang dihasilkan manufacturer disalurkan kepada pelanggan melalui distributor. Barang dari pabrik melalui gudangnya disalurkan ke gudang distributor atau pedagang besar dalam jumlah besar dan pada waktunya nanti pedagang besar menyalurkan dalam jumlag yang lebih kecil kepada retailers atau pengecer.
d. Chain 1-2-3-4: Suppliers – Manufacturer – Distribution – Retail Outlet
Pedagang besar biasanya mempunyai fasilitas gudang sendiri atau dapat juga menyewa dari pihak lain. Gudang ini digunakan untuk menimbun barang sebelum disalurkan kembali ke pihak pengecer. Ada kesempatan untuk memperoleh penghematan dalam bentuk jumlah inventories dan biaya gudang, dengan cara melakukan desain kembali pola-pola pengiriman barang baik dari gudang manufacturer maupun ke took pengecer (retail outlets).
e. Chain 1-2-3-4-5: Suppliers – Manufacturer – Distribution – Retail Outlet – Customers
Dari rak-raknya, para pengecer atau retailers menawarkan barangnya langsung kepada para pelanggan atau pembeli atau pengguna barang tersebut. Yang termasuk outlets adalah took, warung, took serba ada, pasar, swalayan, toko koperasi, mall. Dll.

Tidak ada komentar: