Minggu, 24 Agustus 2008

Alasan Perlunya Penerapan Supply Chain Management di Indonesia

a. Situasi geografis Indonesia sebagai Negara kepulauan
Perusahaan pabrik di Aceh mengirimkan barang dalam jumlah besar ke Papua. Perusahaan harus melewati beberapa pelabuhan, beberapa moda transportasi, dan jenis birokrasi. Untuk menjamin kecepatan dan ketepatan pengiriman perlu biaya tinggi dan ketepatan informasi dengan akurasi yang tinggi. Untuk itu perlu metode kerja yang dapat mengintegrasikan seluruh elemen yang berada di jaringan yang menghubungkan mulai dari pemasok paling awal sampai ke konsumen paling akhir.
b. Perubahan paradigma persaingan
Persaingan berubah dari bersaing antar perusahaan menjadi bersaing antar jaringan. Misal persaingan dalam bisnis ritel antara Alfa dan Indomaret. Sesungguhnya yang bersaing bukanlah mini market Alfa dan Indomaret, melainkan jaringan SCM di belakangnya. Harga barang keduanya bisa berbeda, walaupun lokasinya berhadap-hadapan. Salah satunya bisa terjadi karena tingkat efisiensi dan kerjasama yang dibangun jaringannya. Akibatnya, pemenangnya adalah yang didukung SCM yang lebih baik.
c. Semakin canggihnya dukungan teknologi informasi
Kemajuan system komunikasi seperti internet dan intranet yang dapat menghubungkan tempat terpencil dan jauh sekalipun dengan sangat cepat mengakibatkan hubungan antara elemen-elemen di dalam SCM menjadi tidak masalah lagi.

Tidak ada komentar: