Jumat, 22 Agustus 2008

Call For Paper AES 2008

Call For Paper AES 2008
Submitted by aes on Tue, 08/05/2008 - 04:34.
Perguruan Tinggi (PT) dalam menjalankan tugasnya di masyarakat mempunyai tanggung jawab yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Politeknik Caltex Riau sebagai salah satu politeknik di Provinsi Riau juga mengemban tanggung jawab tersebut di atas. Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang penelitian, maka Politeknik Caltex Riau akan menyelenggarakan seminar nasional yang ketiga yaitu Applied Engineering Seminar 2008 (AES 2008) sebagai wadah atau sarana pertemuan untuk berkomunikasi dan transfer ilmu antara institusi pendidikan/lembaga penelitian, industri, dan pemerintah dalam berbagai bidang yaitu sains, bisnis dan teknologi tepat guna.
Seminar nasional ini akan mengarah pada Teknologi Komunikasi dan Informasi atau Teknologi Telematika (Information and Communication Technology – ICT) yang telah diakui dunia sebagai salah satu sarana dan prasarana utama untuk mengatasi masalah-masalah dunia yang disepakati oleh PBB. Hal ini terbukti dengan diadakannya Konferensi Tingkat Tinggi Masyarakat Informasi (World Summit on the Information Society – WSIS) sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 10 – 12 Desember 2003 di Geneva, Swiss dan pada tanggal 16 – 18 November 2005 di Tunis, Tunisia. Tujuan utama dari konferensi ini adalah membangun kesepakatan bersama bagi semua pihak untuk membangun Masyarakat Informasi Dunia yang inklusif dengan target pada tahun 2015 dengan diberdayakannya Teknologi Telematika.
Teknologi Telematika dikenal sebagai konvergensi dari teknologi komunikasi (communication), pengolahan (computing) dan muatan informasi (content) dengan menggunakan sarana multimedia. Teknologi Telematika mempunyai dua fungsi utama, yaitu sebagai sektor industri berfungsi untuk meningkatkan pendapatan negara sehingga membantu peningkatan kesejahteraan rakyat; serta sebagai enabler atau pendukung berfungsi untuk memungkinkan kelancaran jalannya proses pembangunan nasional.
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut di atas, maka Politeknik Caltex Riau akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Kerja Sama Institusi Pendidikan – Lembaga Penelitian – Industri –

Tidak ada komentar: