Rabu, 20 Agustus 2008

Biaya Kualitas

Biaya kualitas (quality cost) adalah biaya yang berhubungan dengan penciptaan, pengidentifikasian, perbaikan, dan pencegahan kerusakan suatu produk. Biaya kualitas ini merupakan salah satu komponen biaya produksi dan sangat berarti bagi perhitungan accounting. Pada dasarnya biaya kualitas (Feigenbaum, AV., 1992) dapat dikategorikan ke dalam empat jenis, yaitu:
1. Biaya kegagalan Internal (Internal Failure Cost), merupakan biaya-biaya yang berhubungan dengan kesalahan dan nonkonformansi (errors and nonconformance) yang ditemukan setelah produk itu diserahkan ke pelanggan. Biaya-biaya ini tidak akan muncul apabila tidak ditemukan kesalahan atau nonkonformansi dalam produk setelah pengiriman. Contoh dari biaya kegagalan internal:
Ø Scrap.
Ø Pekerjaan ulang (Rework)
Ø Analisis Kegagalan (Failure Analysis)
Ø Inspeksi ulang dan pengujian ulang (Reinspection and Retesting)
2. Biaya Kegagalan Eksternal (Eksternal Failure Costs), merupakan biaya-biaya yang berhubungan dengan kesalahan dan nonkonformansi (errors and nonconformance) yang ditemukan setelah produk itu diserahkan ke pelanggan. Biaya-biaya ini tidak akan muncul apabila tidak ditemukan kesalahan atau nonkonformansi dalam produk setelah pengiriman. Contoh dari biaya kegagalan eksternal adalah:
Ø Jaminan (Warranty)
Ø Penyelesaian keluhan (Complain Adjustment)
Ø Produk dikembalikan (Returned Product)
Ø Penyesuaian (Allowances)
3. Biaya Penilaian (Appraisal Cost), merupakan biaya-biaya yang berhubungan dengan penentuan derajat konformansi terhadap persyaratan kualitas (spesifikasi yang ditetapkan). Contoh dari biaya penilaian adalah
Ø Inspeksi dan pengujian kedatangan material
Ø Inspeksi dan pengujian produk dalam proses
Ø Audit kualitas produk
Ø Pemeliharaan akurasi peralatan pengujian
Ø Evaluasi stok
4. Biaya Pencegahan (Prevention Cost), merupakan biaya-biaya yang ber- hubungan dengan upaya pencegahan terjadi kegagalan internal maupun eksternal, sehingga meminimumkan biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal. Contoh dari biaya pencegahan adalah :
– Perencanaan & pengendalian kualitas – Pelatihan
– Peninjauan-ulang produk baru – Evaluasi Kualitas Pemasok

Tidak ada komentar: