Rabu, 20 Agustus 2008

Kualitas (Analisa Kemampuan Proses)

Kemampuan proses adalah suatu konsep penting bagi para manajer industri untuk dimengerti. Tantangan di masa sekarang ini adalah persaingan pasar untuk menjadi puncak kepemimpinan dalam memperoduksi produk bermutu tinggi dengan biaya rendah.
Mengapa kemampuan proses begitu penting? Karena hal ini yang mengizinkan untuk seberapa baik suatu proses dapat membuat produk yang dapat diterima sebagai suatu alasan. Seorang manajer atau insinyur dapat memprioritaskan dibutuhkannya perbaikan proses dan mengidentifikasi proses-proses tersebut bahwa perbaikan proses tidak dibutuhkan segera. Suatu kemampuan proses menunjukkan jika suatu proses mampu untuk memproduksi secara nyata semua produk yang sesuai. Jika proses itu mampu, maka kontrol proses statistik dapat digunakan untuk mengawasi proses dan sudah menjadi kebiasaan bahwa usaha penerimaan itu dapat dikurangi atau dibuang jumlahnya.
Hal ini tidak hanya menghasilkan penyimpanan biaya yang besar dalam mengurangi tidak bernilai inspeksi tambahan tetapi juga mengurangi skrap, pengerjaan ulang (rework) dan bertambahnya kepercayaan konsumen.
Keuntungan dari adanya studi kemampuan proses ini adalah untuk jangka panjang. Kemampuan proses dihitung dengan langkah sebagai berikut:
[1]. Hitung p yang merupakan nilai center line (CL) peta kendali p. Atau dapat dihitung dengan rumus :
………………………………………………………. ( 2 – 15 )
2. Hitung kemampuan proses dalam rumus :
………………………………………………( 2 – 16 )

Kriteria penilaian :
Jika Cp > 1,33 maka kapabilitas proses sangat baik.
Jika 1,00 < Cp < 1,33 maka kapabilitas proses baik.Jika Cp < 1.00 maka kapabilitas proses rendah.

Tidak ada komentar: